Jembatan Gantung Situ Gunung, Primadona Wisata Baru Sukabumi

Sky bridge atau jembatan gantung Situ Gunung di Sukabumi adalah sebuah jembatan yang membentang diantara lebatnya hutan damar yang lokasinya masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Jembatan dengan tinggi 150 meter dengan panjang 240 meter ini sangat menarik perhatian karena dibangun di atas hutan lebat. Udara yang sejuk, suasana hutan yang masih alami dan goyangan jembatan saat dilewati menjadi sebuah sensasi tersendiri untuk mencoba melintasi jembatan yang baru resmi dibuka pada bulan September 2018 lalu dan ternyata banyak menarik pengunjung.
Jembatan ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang membentang di atas hutan. Karena jembatan ini dikelola oleh pihak swasta tiket masuk untuk bisa melintasi jembatan Situ Gunung ini  sebesar Rp 50.000 dan dibedakan dengan tiket masuk di kawasan Situ Gunung yang dikelola oleh Pemda Sukabumi hanya dikenakan Rp 16.000.
Pengunjung mendapat fasilitas minuman kopi, teh dan camilan rebusan gratis di rest area yang nyaman sebelum melewati jembatan. Selain itu juga terdapat fasilitas toilet dan mushola yang cukup bersih.
Jembatan gantung ini menjadi bagian dari kawasan Situ Gunung yang juga memiliki destinasi Danau Situ Gunung dan air terjun Curug Sawer. 
Setelah kita berjalan melewati jembatan ini, pengunjung bisa langsung berjalan di jalanan berbatu menurun ke arah Curug Sawer yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Rute :
Dari Jakarta kita bisa naik KRL ke Bogor dan dilanjutkan naik kereta Pangrango tujuan Bogor-Sukabumi dengan harga tiket eksekutif Rp 85.000 dan ekonomi Rp 35.000 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kemudian turun di Stasiun Cisaat langsung jalan dulu ke di Polsek Cisaat dan naik angkot ke Situ Gunung dengan ongkos Rp 5.000.

Jika dengan bus kita menuju terminal Baranangsiang Bogor pilih bus jurusan Sukabumi dan berhenti di pertigaan Cisaat dengan ongkos Rp 30.000 Sesampainya di pertigaan Cisaat, kemudian naik angkot merah ke arah Situ Gunung sekitar Rp 5.000.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jembatan Gantung Situ Gunung, Primadona Wisata Baru Sukabumi"

Post a Comment