WISATA SADENGAN JAWA TIMUR : SERASA BERPETUALANG DI SAVANA AFRIKA


Hallo sobat traveller, ternyata bukan hanya di Afrika saja yang mempunyai hamparan padang savana (padang rumput) dengan berbagai jenis binatangnya. Jangan salah lho di Indonesia juga terdapat daerah yang memiliki padang savana yang tentunya tak kalah menakjubkan dengan yang ada di Afrika. Seperti di daerah Banyuwangi, Jawa Timur juga terdapat sebuah padang rumput  yang tepatnya berada di wilayah di Kecamatan Tegaldlimo dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Padang rumput ini bernama Savana Sadengan yang merupakan salah satu dari sekian padang savana yang ada di Pulau Jawa. Landscape Savana Sadengan ini menyerupai padang savana Afrika lho sobat traveller.


Padang Savana Sadengan berjarak lebih kurang  2 km dari pintu masuk pos Rawa Bendo. Untuk dapat menjelajahi padang rumput Sadengan seluas 80 hektar ini kita dapat menyewa mobil jeep milik Perhutani. Namun jika sobat traveller menggunakan paket tour wisata anda tidak perlu pusing memikirkan transportasi selama di sana, karena akomodasi, makan ataupun tiket masuk lokasi wisata, sudah termasuk dalam biaya paket wisata.
Padang Savana Sadengan ini adalah padang rumput semi alami yang terjadi karena proses terbentuknya berlangsung sebagai akibat dari kerusakan hutan yang kemudian secara alami muncul hamparan rumput yang luas. Terdapat banyak satwa liar yang bisa sobat traveller saksikan di sini mulai dari sekumpulan banteng, rusa, kijang, ajag, babi hutan, hingga macan tutul.


Untuk dapat menyaksikan secara dekat satwa yang menghuni Savana Sadengan ini kita harus memperhatikan waktu-waktu tertentu. Agar kita dapat menyaksikan  Banteng Jawa dan rusa sebaiknya berangkat pagi atau jelang sore. Kawanan banteng dan rusa ini biasanya akan muncul pada pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB atau pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB. Di Padang Savana Sadengan ini juga terdapat koleksi burung liar seperti saja Elang Jawa, Elang Ikan kepala kelabu, Elang Ular Bido, Elang Laut Perut Putih, Srigunting, Jalak Putih, ayam hutan merah, peregam, blekok sawah, bangau sendang lawe, merak hijau, dan juga burung-burung yang lainnya.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kawanan merak yang biasanya akan keluar pada pukul 06.00-10.00 WIB pagi. Oh ya sobat traveller agar dalam mengamati satwa-satwa ini semakin leluasa, alangkah baiknya sobat traveller menggunakan lensa binokular agar mendapatkan sudut pandang yang lebih jelas.
Nah ... jadi nggak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati beragam satwa liar. Cukup di Padang Savana Sadengan ini anda akan menikmati alam liar dengan berbagai satwa liar juga.

Refrensi:
http://www.telusurindonesia.com/ayo-ke-tempat-wisata-padang-rumput-sadengan-di-banyuwangi-afrika-di-jawa.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WISATA SADENGAN JAWA TIMUR : SERASA BERPETUALANG DI SAVANA AFRIKA "

Post a Comment