Balekambang, Pemandian Alami Yang Sarat Sejarah

Balekambang atau tempat terapung adalah sebuah situs bersejarah yang berlokasi di Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing Batang, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan pesanggrahan dari peninggalan Sultan Mataram yang dahulu pernah dijadikan tempat untuk menghimpun kekuatan untuk melakukan penyerangan ke Batavia setelah Ki Bahurekso berhasil membuka Alas Roban dan disinilah semua logistik disimpan.
Balekambang, Pemandian Alami Yang Sarat Sejarah (Photo by : @irohmanto97)
Daerah ini oleh warga sekitar juga disebut sebagai Tunggorono yaitu sosok yang memiliki daerah tersebut. Konon menurut cerita turun temurun kawasan ini dilindungi oleh ular besar berkepala Kala yang sampai sekarang divisualisasikan berbentuk Arca Ular yang berada di bawah pohon beringin. Di situs Balekambang ini juga dulu terdapat sebuah arca Sri Vasudhara yang kini dibawa ke Museum Ranggawarsita Jawa Tengah sebagai upaya penyelamatan. Arca tersebut ditaksir dibuat pada abad ketujuh. Terdapat pula sisa batu-batu yang menyerupai pondasi penyusun kerangka bangunan mirip candi.

Nama Balekambang sendiri terdiri dari kata bale yang artinya tempat dan kambang yang berarti terapung. Balekambang ini memiliki sumber mata air yang besar dan airnya muncul dari bawah pohon beringin yang tumbuh di area ini. Banyak para pengunjung datang ke tempat ini untuk mandi di kolam Balekambang yang sarat dengan sejarah ini.

Untuk sampai ke Balekambang ini sangat mudah, sobat traveller bisa mengambil rute dari sebelah timur pompa bensin Gringsing ambil kiri jurusan ke Krengseng atau menuju ke arah Pantai Jodoh. Setelah sampai di Desa Sidorejo sobat traveller bisa bertanya langsung pada penduduk sekitar lokasi Balekambang ini, dengan senang hati mereka akan menunjukkan tempatnya.

Referensi : http://www.mbatang.com/2017/02/situs-balekambang-gringsing.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Balekambang, Pemandian Alami Yang Sarat Sejarah "

Post a Comment