Umbul Ponggok, Wisata Dunia Bawah Air di Klaten

Hai sobat traveller, sudah punya acara untuk  mengisi liburan akhir pekan ini belum? Nah ... kalau belum dan mungkin sobat traveller masih bingung mencari tempat untuk liburan, tidak ada salahnya bila mencoba sensasi wisata dunia bawah air Umbul Ponggok Klaten. Dijamin deh, anda akan menemukan pengalaman baru disini. Umbul Ponggok merupakan destinasi wisata air yang lagi ngehits dan tentunya instagramable banget  yang berada di Klaten.


Seperti namanya, Umbul yang berarti mata air dan Ponggok adalah nama sebuah desa. Itu sebabnya tempat wisata air ini diberi nama Umbul Ponggok karena berada di desa Ponggok. Kolam yang memiliki kedalaman lebih kurang 2,6 meter ini, kita dapat ber-Snorkeling tanpa harus takut terbawa arus gelombang, itu sebabnya tempat ini  seringkali dijadikan tempat latihan untuk diving. Umbul Ponggok menawarkan wisata air tawar yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut, pasalnya didalam kolam Umbul Ponggok masih sangat alami dan terjaga dengan dasar kolam pasir dan bebatuan, ditambah lagi air yang begitu jernih serta banyaknya ikan yang lalu lalang di area kolam.


Pengelola kolam Umbul Ponggok menyediakan juga berbagai macam properti seperti tenda, tv, motor, sepeda yang akan menambah unik dasar kolam jika kita berfoto didasar kolam dengan memakai properti-properti tersebut. Khan akhir-akhir ini lagi ngetrend tuh yang namanya selfie.

Bagi anda yang belum bisa berenang tidak perlu takut, karena pihak pengelola menyediakan  jasa private guide untuk foto underwater dengan biaya 100 ribu per jam.  kamu bisa ditemeni guide yang sudah berpengalaman selama satu jam, dengan menggunakan jasa ini, kita akan diberi pengarahan bagaimana caranya bersnorkeling, safety underwater dan tentunya berfoto-foto di dasar air yang di penuhi ikan-ikan.


Sewa snorkeling set 13 ribu, Sewa kaki katak (fins) 7 ribu, Sewa pelampung 7 ribu, Pelampung anak 5 ribu, Sewa Kamera underwater 100ribu/jam. Umbul Ponggok buka setiap hari pada pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB, dengan tiket masuk sebesar 15 ribu kita bisa menikmati indahnya kolam air tawar dengan air jernih, dasar kolam yang alami, dan pelayanan yang sangat bagus.


Buat kamu yang ingin nyobain snorkeling ke Umbul Ponggok Klaten bisa lewat rute perjalanan menuju umbul ponggok berikut ini :

1. Dari arah timur (Solo)
Buat kami yang dari Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Magetan atau Ngawi, rute terdekatnya adalah melalui jalan raya Solo-Yogyakarta. Setelah melewati Delanggau berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten di kiri jalan. Terminal ini terletak pada persimpangan lampu bangjo (lapu merah/ traffic light) yang menuju ke Desa Ponggok.

Dari sini ambilah arah ke kanan dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kanan, ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

2. Dari arah barat (Prambanan, Jogja, Sleman, Purworejo, Kebumen)
Buat kamu yang dari dari arah Jogja, rutenya adalah melalu jalan raya Yogyakarta-Solo. Sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro lurus saja (lewat kota dan jalannya searah) sampe menuju GOR Gelarsena Klaten. Setelah sampai GOR silakan ambil kiri ke arah Jatinom/ Polanharjo sampai ketemu persimpangan dekat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

3. Dari arah utara (Boyolali, Salatiga, Semarang)
Buat kamu yang dari arah Boyolali langsung menuju klaten melalui jatinom. Setelah sampai pasar jatinom ambil arah menuju ke terminal penggung. Sebelum sampai terminal kamu akan lihat Markas Koramil di kanan jalan di dekat pertigaan. sampai di Koramil ambil kiri dan ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

Referensi : http://topickita.com, http://umbul-ponggok-klaten.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Umbul Ponggok, Wisata Dunia Bawah Air di Klaten"

  1. Replies
    1. makasih mba Rini Musrifah sudah berkunjung di blog ini ...

      Delete
  2. Makasih CV TUGU atas kunjungannya di blog ini, salkomsel ...

    ReplyDelete
  3. Mukhofas Al-Fikri23 November 2018 at 01:22

    Sangat keren sekali. seperti kayak di lautan / pantai ya.

    Dulu saya juga pengen mau ikut yg ngajak sama teman kuliah tapi saya malah ngga ikut. Rugi deh.

    Ternyata umbul ponggok itu seru sekali.

    oh ya saya juga mau sharing tempat destinasi wisata yang ada di karanganyar dan Daftar rekomendasi sewa mobil sekitar Solo - karanganyar - Kalten - Boyolali - Sukoharjo - Sragen

    ReplyDelete