Curug Sijeglong Desa Margosono


Curug Sijeglong
Sijeglong begitulah penduduk sekitar menamakan curug ini, terletak di Desa Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. Curug Sijeglong berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Kendal.
Curug Sijeglong ini pada awalnya ditemukan oleh warga setempat. Karena pesona dan potensinya yang bagus untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata, akhirnya warga mulai mengelola dan membuat akses jalan menuju air terjun ini, walaupun masih berupa jalan setapak dan butuh sedikit perjuangan untuk sampai ke lokasi karena curug ini berada di area tebing yang curam. Karena waktu berkunjung kami bertepatan dengan musim kemarau sehingga debit air terjun tidak begitu besar. Namun hal ini tidak mengurangi keindahan dan kealamian curug ini.

Curug ini mempunyai 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan mempunyai cekungan (jeglong) yang dalam dan mempunyai keunikan tersendiri. Menurut mitos konon jeglong-jeglong tersebut terbentuk dari bekas tapak kaki kerbau yang sakti. Sampai kini pun kita dapat melihat bekas tapak tersebut yang kalau kita perhatikan memang mirip tapak kaki kerbau (Wallahu a'lam)
View Curug Sijeglong dari atas
Kita bisa memanfaatkan di jeglong-jeglong yang ada di curug ini untuk berenang. Kendati  cukup dalam, namun pihak pengelola sudah menyediakan persewaan pelampung untuk para pengunjung yang tidak bisa berenang.  Selain itu kita juga bisa menikmati river tubing di aliran Sungai Lampir sejauh lebih kurang 2 kilometer untuk menikmati pemandangan hutan yang masih alami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Sijeglong Desa Margosono"

Post a Comment