Hal-hal yang harus diperhatikan untuk Pendaki "Backpacker"



Ilustrasi by google image

Selamat  pagi, siang, sore, malam ….
Apakah  anda seorang backpacker yang hobi mendaki gunung? Kalau  jawabannya “iya” sebaiknya benar-benar mengerti panduan keselamatan jalan-jalan dan pendakian. Nah … berikut ini ada tips sederhana yang barangkali akan sedikit membantu merancang jalur perjalanan anda :

PERTAMA, Anda dapat mencari jaringan jalan. Jaringan jalan adalah dengan melakukan pemetaan jalur mana yang akan ditempuh. Sekarang banyak layanan peta online yang dapat digunakan. Anda dapat menentukan tempat mana yang akan didatangi.


Biasanya suatu gunung memiliki beberapa jalur pendakian. Kenali jalur pendakian yang sesuai kemampuan Anda. Untuk gunung di Indonesia kadang informasi yang tersedia sangat minim. Cari tahu melalui komunitas pendakian atau hubungi pemerintah daerah setempat. Kenalilah terlebih dahulu karateristik gunung yang akan didaki.

KEDUA, adalah mempersiapkan anggaran. Anggaran sangat penting karena dapat menentukan berapa lama perjalanan.

KETIGA, adalah mencari tahu tentang rute yang dilewati. Hal ini juga penting karena kita dapat mengestimasi waktu yang dibutuhkan.

KEEMPAT, adalah melihat masyarakat sekitar. Kita dapat menggali tempat-tempat yang menarik dengan melihat masyarakatnya. Dekat dengan masyarakat setempat biasanya banyak memberikan keuntungan untuk kita. Seperti penginapan gratis, pemandu, serta jaringan masyarakat yang bisa digunakan.

KELIMA, bawalah perbekalan yang memenuhi standar pendakian dan alat-alat komunikasi seperti GPS, Kompas, Handphone/smartphone, Handy Talky, agar apabila tersesat anda bisa langsung menghubungi teman atau tim pencari.

KEENAM, usahakan jangan berpencar atau jalan sendiri-sendiri. Anda harus tetap dalam satu tim dalam menyusuri rute.

KETUJUH, patuhi rambu-rambu yang ada, baik itu berupa petunjuk jalan maupun larangan-larangan yang harus dihindari. Pada jalur pendakian biasanya dipasang petunjuk atau rambu-rambu untuk memudahkan para pendaki untuk sampai ke puncak.

KEDEPALAN, tetap hormati alam, jaga kelestariannya. Setiap pendaki pasti menyisakan sampah sisa perbekalan, nah .... jangan tinggalkan sampah tersebut di gunung. Bawalah turun sampah-sampah tersebut. Jangan meninggalkan sisa api yang menyala di gunung, pastikan bahwa sudah benar-benar dipadamkan. 

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-hal yang harus diperhatikan untuk Pendaki "Backpacker" "

Post a Comment