Telaga Sidringo : Ranu Kumbolonya Kab. Batang

Kabupaten Batang secara geografis terletak pada 6" 51" 46" - 7" 11" 47" Lintang Selatan dan 109" 40" 19" - 110" 03" 06" Bujur Timur, terletak 93 kilometer dari Ibukota Provinsi yaitu Semarang yang memiliki bentang alam seperti pantai, dataran rendah, dan pegunungan. Dengan kondisi demikian Kabupaten Batang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Kabupaten Batang memiliki luas wilayah 788,64 km persegi dengan ibukota Kabupatennya berada di Kota Batang.
Ranu Kumbolo
Sumber : Google Image
Telaga Sidringo 2.222 Mdpl
Sumber : Google Image

Salah satu destinasi wisata yang luar biasa adalah Telaga Sidringo yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Batang dengan Kabupaten Banjarnegara tepatnya berada di Desa Mojotengah Kecamatan Reban dengan ketinggian ± 2.222 Mdpl. Banyak pecinta alam dan para backpacker menyebutnya sebagai “Ranu Kumbolonya Batang”, karena kawasan ini hampir menyerupai “Ranu Kumbolo” yang ada di gunung “Mahameru”.  Sejauh mata memandang di dekat telaga ini juga terdapat Kawah Candradimuka dan Sumur Jalatunda yang masuk dalam wilayah Dieng. Tempat ini sering digunakan untuk area camping dan outbound. 

Namun, sayangnya akses jalan menuju tempat ini kurang begitu bagus sehingga membutuhkan sedikit perjuangan. Mudah-mudahan ada perhatian khusus untuk pemerintah Kabupaten Batang untuk segera memperbaiki jalan dan mengelola “mutiara tersembunyi” di Kabupaten Batang. Untuk sampai ke Telaga Sidringo kita ambil arah dari Pertigaan Bandar (Ponpes Tazakka) ambil arah ke Desa Kembanglangit – Gerlang – Telaga Sidringo (Tanya penduduk sekitar)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Telaga Sidringo : Ranu Kumbolonya Kab. Batang"

  1. cek aja nih gan videonya, supaya tidak nyasar
    oh iya,,, akses jalan sudah lebih baik kok sekarang, aman pokoknya (Y)
    keren banget nih habis musim hujan rumputnya hijau royo-royo
    https://youtu.be/sxHnZuL34Z8

    ReplyDelete